Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral Ngemil Buah Kering di Media Sosial, Betulkah Lebih Sehat?

Mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya, tapi ada saja orang yang malas makan buah. Alasannya, biasanya karena malas mengupas kulit, memotong buah dan tangan yang lengket karena air buahnya. Nah, ada nih satu cara praktis makan buah yakni buah kering. Lalu apakah cemilan buah kering menyehatkan?

Ya buah kering atau freeze dried fruit belakangan ini lagi viral di media sosial. Aneka buah yang sudah dipotong kecil-kecil dimakan dalam bentuk kering. Respons netizen yang sudah mencobanya beragam, ada yang mengatakan buahnya menjadi lebih renyah, rasanya sama enaknya seperti buah segar, lebih manis, atau ada juga yang komentar menjadi aneh baik tekstur dan rasanya.

Kalau kamu apakah berniat mencobanya? Tapi jangan cuma ikut-ikutan karena lagi tren ya, lebih baik ketahui juga apa saja manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah kering dan menjadikannya cemilan setiap hari.

Baca Juga: Buah yang Harus Dihindari saat Diet, Mulai dari Alpukat hingga Semangka

Buah Kering, Apa Bedanya dengan Buah Segar?

Buah kering melalui proses pengeringan baik secara alami yakni dijemur dibawah sinar matahari langsung atau dengan alat pengering makanan (dehydrator) untuk menghilangkan seluruh air yang terkandung di dalamnya. Seluruh air buah yang dikeluarkan membuat buah menjadi bentuk yang lebih kecil karena menyusut volumenya.

Metode pengeringan buah segar ini sebenarnya merupakan praktek yang sudah lama yakni sejak sebelum masehi (SM) di Mesopotamia dengan tujuan untuk memperpanjang masa simpan, membuat buah menjadi lebih manis dan nilai gizinya yang lebih besar.

Dulu, buah yang umum dikeringkan seperti anggur (kismis), kurma, buah ara, aprikot dan apel. Namun kini buah apapun bisa dikeringkan, seperti stroberi, nanas, kiwi, mangga, nangka, kelapa, bahkan durian.

Selain dimakan langsung sebagai camilan, buah kering juga kerap ditambahkan sebagai topping untuk salad, oatmeal, dan campuran kue atau roti.

Kandungan Nutrisi pada Buah Kering

Kini varian buah kering dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, baik yang dijual satu jenis buah dalam satu kemasan, maupun di-mix atau campuran bermacam-macam jenis buah. Secara umum satu cangkir buah kering campuran memiliki kandungan nutrisi seperti:

  • Kalori: 480 kkal
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 112 gram
  • Serat: 8 gram
  • Gula: 92 gram.

Sementara, mikronutrien yang ditemukan dalam buah kering umumnya meliputi: vitamin A, vitamin C, kalsium, besi dan kalium. Contohnya kismis kaya akan vitamin C dan besi, sementara buah plum yang dikeringkan lebih banyak mengandung vitamin A.

Meski mengalami penyusutan volume akibat proses pengeringan, namun buah kering mengandung hingga 3,5 kali lipat vitamin, mineral dan serat.

Apakah Cemilan Buah Kering Menyehatkan?

Penelitian berjudul ‘Pairing nuts and dried fruit for cardiometabolic health‘ yang terbit Maret 2016 di Nutrition Journal, menganalisis sejumlah hasil penelitian, menyimpulkan, banyak penelitian membuktikan buah kering memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Diet buah kering terbukti dapat membantu menjaga kesehatan kardiometabolik.

Kardiometabolik adalah sekumpulan kelainan metabolisme yang ditandai dengan lima kondisi yaitu obesitas abdominal, kadar trigliserida yang meningkat, HDL (kolesterol baik) yang menurun, meningkatnya kadar glukosa darah puasa, dan meningkatnya tekanan darah.

Sejumlah Manfaat Cemilan Buah Kering yang Menyehatkan

Berikut beberapa manfaat sehat dari mengonsumsi buah-buahan kering:

1.Menurunkan risiko penyakit diabetes

Buah kering kaya akan kandungan serat, potassium (K) dan berbagai komponen senyawa bioaktif untuk melindungi kesehatan tubuh.

Hasil penelitian yang terbit di  Bio Med Central (BMC) pada Maret 2016 menyebutkan, mengonsumsi tiga porsi buah kering campuran (kismis, plum, apel atau pir, jeruk bali, dan blueberry) dalam sepekan dikaitkan dengan menurunnya risiko diabetes tipe 2 secara signifikan.

Ini karena buah kering memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah hingga sedang, di mana setiap satu porsinya memberikan beban glikemik (GL) yang rendah. Seperti diketahui pola makan dengan kadar glikemik yang rendah membantu mengatur gula darah dan lipid, sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

2.Menurunkan berat badan

Konsumsi kismis atau anggur yang dikeringkan, bersama dengan buah kering lainnya dikaitkan dengan penurunan berat badan. Penelitian terhadap lebih dari 13 ribu orang dewasa menunjukkan mereka yang makan buah kering lebih dari 20 gram sehari memiliki asupan energi yang lebih tinggi ketimbang kelompok yang tidak makan buah kering.

Namun, mereka yang mengonsumsi buah kering memiliki rata-rata berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang yang lebih rendah.

3.Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

Sebuah penelitian membuktikan kelompok pria dengan kondisi hiperkolesterolemia mengalami penurunan kolesterol setelah menerapkan diet buah kering.

Sumber foto: shutterstock.

Kelompok itu mengonsumsi 84 gram kismis yang dicampur dengan kacang-kacangan dan minyak zaitun setiap hari selama empat pekan. Hasilnya, kadar kolesterol dan kolesterol jahat turun masing-masing 9 dan 15 persen.

4.Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi dan stroke

Buah-buahan kering sangat kaya akan potassium dan serat, sebaliknya sangat rendah kandungan natriumnya. Konsumsi satu porsi buah kering setiap harinya, sudah memenuhi sembilan persen kebutuhan harian akan potassium dan serat.

Kedua nutrisi tersebut memiliki peran penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi dan stroke.

5.Mencegah kanker tertentu

Buah-buahan yang sudah dikeringkan mengandung serat, mikronutrien dan berbagai bioaktif seperti fenolik, flavonoid, karotenoid, fitoestrogen, dan beberapa lainnya yang memiliki efek antioksidan.

Beberapa studi melaporkan, komponen bioaktif dan aktifitas antioksidan pada buah kering lebih tinggi ketimbang ketika buah masih segar. Komponen bioaktif tersebut dapat berkontribusi terhadap kemoprevensi kanker.

Sebuah review yang dipublis Maret 2023 di jurnal Nutrients menganalisis 16 penelitian dengan lebih dari 12 ribu kasus terhadap risiko kanker dan kebiasaan mengonsumsi buah-buahan kering khususnya kismis, plum, kurma dan buah ara.

Hasilnya, ditemukan kaitan antara jumlah dan kebiasaan mengonsumsi buah kering dengan penurunan risiko kanker perut, kanker pankreas, kanker kolorektal, kanker nasofaring, dan kanker kandung kemih. Ketimbang buah segar, ternyata buah kering lebih protektif untuk mencegah risiko jenis-jenis kanker yang disebutkan di atas.

6.Menjaga kesehatan tulang

Lima uji klinis terkait manfaat konsumsi buah kering plum membuktikan bahwa buah tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Peserta yang merupakan perempuan yang sudah menopause diberi asupan buah plum 50-100 gram/hari selama 3 hingga 12 pekan.

Empat studi menunjukkan adanya potensi efek antioksidan dan anti-inflamasi, serta perbaikan dalam pembentukan tulang, sementara sisanya menunjukkan bahwa konsumsi 100 gram buah kering plum meningkatkan kepadatan mineral tulang ulna dan tulang belakang, ketimbang diet 75 gram apel kering selama 12 bulan.

Dari beberapa ujicoba tersebut, secara keseluruhan membuktikan bahwa asupan buah plum sebanyak 50 g/hari merupakan intervensi non-farmakologis (terapi pengobatan tanpa obat-obatan) yang manjur untuk mempertahankan kepadatan mineral tulang (BMD) pada perempuan menopause.

BACA JUGA: Apa Efek Terlalu Banyak Makan Durian bagi Kesehatan?

Buat kamu yang masih ragu, manfaat-manfaat di atas menjawab pertanyaan apakah cemilan buah kering menyehatkan?. Ternyata manfaat mengonsumsi buah kering dan menjadikannya camilan sehat sehari-hari sangat baik untuk tubuh. Namun, kamu tetap harus memerhatikan batasan porsinya ya untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan yang lain.

Jika kamu masih ingin mendapatkan penjelasan yang detail terkait konsumsi buah kering, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait melalui layanan telemedicine Good Doctor. Dokter mitra terpercaya dan berpengalaman kami siap membantu kamu 24/7. Klink linknya di sini.